INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental
Vol 2 No 1 (2017): INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Pengaruh Orientasi Tujuan Dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa

Bernadetta Lisa Andika Permatasari (Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)
Nur Ainy Fardana (Departemen Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek 132 siswa SMA Kristen Cita Hati Surabaya yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala orientasi tujuan, persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru, dan prokrastinasi akademik siswa Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi ganda melalui program IBM SPSS 23 menunjukkan Fhitung sebesar 1.492 dan p=.299 (p>.05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

INSAN

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental adalah terbitan berkala yang menyajikan kajian empirik, kajian teoritik dan ulasan buku yang berkaitan dengan isu-isu terkini dalam kajian psikologi dan kesehatan mental. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental awalnya bernama INSAN Media Psikologi. ...