Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pre-test and post-test design yang melibatkan 65 mahasiswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar dan kuesioner persepsi mahasiswa terhadap implementasi PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 70,46 pada pre-test menjadi 84,92 pada post-test. Hasil uji statistik menunjukkan nilai korelasi r = 0,72 dan t-hitung = 8,76 > t-tabel = 1,99, dengan nilai signifikansi p < 0,05, yang menandakan adanya hubungan positif dan signifikan antara penerapan PjBL dan peningkatan hasil belajar. Secara kualitatif, mahasiswa menunjukkan motivasi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL efektif meningkatkan hasil belajar serta relevan diterapkan pada mata kuliah berbasis praktik di bidang teknik elektronika sebagai upaya penguatan kompetensi profesional mahasiswa di era pendidikan digital.Kata Kunci: PjBL, hasil belajar
Copyrights © 2025