Abstrak. Banyak penelitian melaporkan bahwa pendekatan active learning memilki efek yang signifikan terhadap pembelajaran balaghah dibandingkan pendekatan pembelajaran tradisional. Namun demikian, laporan-laporan terkait efektivitas pendekatan active learning pada pembelajaran balaghah cukup heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pendekatan active learning dalam pembelajaran balaghah dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis group contrast untuk menjawab tujuan penelitian ini. Delapan belas sampel penelitian (k = 18) yang memenuhi kriteria inklusi dimasukan dalam meta-analisis ini. Hasil analisis dengan model estimasi random-effect menunjukkan bahwa penerapan pendekatan active learning memiliki efek yang lebih signifikan dalam pembelajaran balaghah jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tradisional, dengan nilai effect size gabungan berada pada kategori efek besar (g = 1,15; p < 0,05). Selain itu, hasil analisis faktor moderator menunjukan bahwa besar kecilnya pengaruh pendekatan active learning pada pembelajaran balaghah dipengaruhi oleh faktor tipe pendekatan active learning (Qb = 64.17; P < 0.05). Temuan ini dapat dijadikan sebagai bukti kuat dalam mendesain pembelajaran aktif yang lebih optimal dalam pembelajaran balaghah.Kata Kunci: Active Learning, Pembelajaran Balaghah, Effect Size, Heterogenitas, Meta-Analisis
Copyrights © 2025