Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman dan makna pencapaian prestasi belajar pada mahasiswa Program Pascasarjana dengan peran ganda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan tiga orang mahasiswa perempuan pada Program Pascasarjana yang berstatus menikah dan bekerja dengan indeks prestasi kumulatif diatas 3.50 sebagai kriteria partisipan. Teknik penggalian data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Teknik pemantapan kredibilitas yang digunakan adalah member check. Analisis data penelitian menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Temuan pengalaman dalam mencapai prestasi belajar pada mahasiswa dengan peran ganda meliputi tertib presensi perkuliahan, mengerjakan tugas tepat waktu, mempersiapkan diri mengikuti ujian, dan melengkapi literatur yang mendukung pembelajaran. Temuan makna dalam mencapai prestasi belajar meliputi meningkatkan harga diri, membuat bangga keluarga, dan mencapai jenjang karir. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengalaman mahasiswa dengan peran ganda berbeda-beda dalam mencapai prestasi belajar, sehingga pengalaman tersebut juga dimaknai berbeda menurut persepsi masing-masing individu.
Copyrights © 2017