JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Live Worksheet Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 1 Kinali

Kurniati, Fitri (Unknown)
Armiati, Armiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif Live Worksheet terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kinali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kinali tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas XI Eko 3 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan Live Worksheet, dan kelas XI Eko 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial dengan tahapan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (85,21 > 79,91). Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Live Worksheet berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kinali.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...