Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pola pikir siswa kelas VIII di SMA An-Nur II Bululawang Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMA An-Nur II terlaksana secara efektif melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus dan pemanfaatan media digital sederhana. Efektivitas pembelajaran tercermin dari meningkatnya pola pikir siswa, meliputi: (1) Meningkatnya pemahaman religius dan kesadaran beragama; (2) Berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menilai fenomena sosial-keagamaan; (3) Tumbuhnya pola pikir moderat dan sikap toleransi; serta (4) Meningkatnya perilaku sosial-moral seperti kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab. Faktor pendukung efektivitas ini antara lain kompetensi guru, metode pembelajaran yang variatif, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Dengan demikian, pembelajaran PAI memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk pola pikir siswa kelas VIII di SMA An-Nur II Bululawang.
Copyrights © 2025