JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Improving Students’ Understanding of Affixes by Using Guessing Compensation of Direct Learning Strategy

Musdhafid, A. (Unknown)
Maharani, C. (Unknown)
Firdaus, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini menguji efektivitas pengintegrasian Strategi Kompensasi Tebak dalam pendekatan Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang afiks. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap keterbatasan kesadaran morfologi siswa dan kecenderungan mereka untuk mengandalkan hafalan daripada proses analitis ketika menghadapi kosakata yang tidak dikenal. Desain pra-tes-pasca-tes satu kelompok digunakan yang melibatkan 30 siswa dari kelas XII.1 di SMA Negeri 1 Penukal Utara. Instrumen, yang terdiri dari 45 item, divalidasi menggunakan Rasio Validitas Konten Lawshe dan diuji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi, dan uji-t sampel berpasangan. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, dengan skor rata-rata meningkat dari 17,30 pada pra-tes menjadi 34,63 pada pasca-tes. Nilai uji-t sampel berpasangan (t = 45,072; p < 0,05) menegaskan bahwa strategi terpadu efektif meningkatkan kesadaran morfologi dan pemahaman kosakata. Studi ini menyoroti pentingnya menggabungkan pengajaran eksplisit dengan strategi inferensi untuk memperkuat pengembangan kosakata dan meningkatkan kemandirian pembelajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...