Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kurikulum dan pembelajaran di SMK Negeri 2 Pinrang dalam menghadapi era teknologi dan keterampilan Industri 4.0. Kurikulum berperan strategis dalam merancang pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek akademik, tetapi juga keterampilan sosial, moral, dan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian terdiri atas wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) transformasi kurikulum dilakukan melalui adopsi Kurikulum Merdeka yang berfokus pada penguatan karakter, literasi, keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, collaboration), dan kewirausahaan; (2) transformasi pembelajaran diwujudkan melalui penerapan pembelajaran berpusat pada siswa, pemanfaatan teknologi digital, dan project-based learning; serta (3) transformasi sarana dan prasarana dilakukan dengan peningkatan fasilitas teknologi untuk mendukung pendidikan vokasi berbasis Industri 4.0. Transformasi ini berdampak positif terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi tuntutan dunia kerja modern.
Copyrights © 2025