JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Transformasi Kurikulum dan Pembelajaran di SMK Negeri 2 Pinrang pada Era Teknologi dan Keterampilan Industri 4.0

Utami, Dwi (Unknown)
Ramadhani, Maghfirah Wahyu (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)
Akib, Ambarwati (Unknown)
Majiding, Nurul Chalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kurikulum dan pembelajaran di SMK Negeri 2 Pinrang dalam menghadapi era teknologi dan keterampilan Industri 4.0. Kurikulum berperan strategis dalam merancang pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek akademik, tetapi juga keterampilan sosial, moral, dan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian terdiri atas wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) transformasi kurikulum dilakukan melalui adopsi Kurikulum Merdeka yang berfokus pada penguatan karakter, literasi, keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, collaboration), dan kewirausahaan; (2) transformasi pembelajaran diwujudkan melalui penerapan pembelajaran berpusat pada siswa, pemanfaatan teknologi digital, dan project-based learning; serta (3) transformasi sarana dan prasarana dilakukan dengan peningkatan fasilitas teknologi untuk mendukung pendidikan vokasi berbasis Industri 4.0. Transformasi ini berdampak positif terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi tuntutan dunia kerja modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...