JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Peran Pelatihan Pekerti-aa terhadap Mutu Akademik di Universitas Palangka Raya

Aulia, Rossa (Unknown)
Hasdah, Siti (Unknown)
Selvia, Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pelatihan PEKERTI-AA terhadap mutu akademik di perguruan tinggi dengan melihat peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional dosen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang disampaikaikan dalam bentuk deskriptif dengan cara menguraikan terkait peran pelatihan PEKERTI-AA terhadap mutu akademik di Universitas Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan PEKERTI-AA memiliki peranan penting dalam memperkuat kompetensi dasar mengajar seorang dosen baru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan. Pelatihan memberikan kontribusi terhadap kemampuan dosen untuk menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semseter), mengembangkan media dalam mengajar, menerapkan metode pembelajaran yang variatif, serta meningkatkan kemmapuan komunikasi dosen didalam kelas. Pelatihan ini juga berdampak kepada standarisasi proses pembelajaran sehingga lebih tertata, terstruktur, dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dampak terhadap mahasiswa terlihat dari peningkatan pemahaman terhadap materi yang disampaikan, keterlibatan, serta kedisiplinan. Secara keseluruhan, pelatihan PEKERTI-AA berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu akademik di perguruan tinggi, terutama dalam pengutan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pengajar dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...