JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Instrumen Penilaian Kreativitas dalam Pembelajaran Ekonomi Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka: Tinjuan Sistematis

Simamora, Mona Yelly (Unknown)
Isnaeni, Wiwi (Unknown)
Djuniadi, Djuniadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Kajian ilmiah ini mengidentifikasi, mensintesis, dan memeriksa secara kritis perubahan instrumen penilaian berbasis proyek dalam mengevaluasi keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran ekonomi siswa SMA serta melihat tren dalam kurikulum Merdeka. Investigasi menggunakan metodologi tinjauan sistematis sesuai dengan pedoman PRISMA 2020. Proses akuisisi literatur difasilitasi melalui database DOAJ, ERIC, Google Scholar menggunakan istilah pencarian “penilaian berbasis proyek,” “keterampilan berpikir kreatif,” “pembelajaran ekonomi” dan “kurikulum Merdeka”. Analisis sistematis dari 35 studi yang menggunakan metodologi kuantitatif, kuasi- eksperimental dan mendapatkan temuan bahwa instrumen penilaian berbasis proyek yang divalidasi, termasuk alat kontekstual digital dan budaya, secara efektif meningkatkan kreativitas dan pemikiran kritis. Penilaian berbasis proyek yang berorientasi pada konteks dunia nyata memberdayakan siswa untuk berinovasi, terlibat dalam pemecahan masalah, dan merefleksikan secara bermakna pengalaman belajar mereka. Hasil penelitian ini menggarisbawahi potensi pembelajaran berbasis proyek menumbuhkan keterampilan penting dan integrasi alat penilaian dengan kurikulum tetap menjanjikan tetapi membutuhkan validasi empiris lebih lanjut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...