JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Perancangan Ulang Ui/Ux Aplikasi Tanggap Karawang dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Tangkar)

Annaz, Fajar (Unknown)
Purnamasari, Intan (Unknown)
Carudin, Carudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Layanan pengaduan publik merupakan sarana penting bagi pemerintah daerah untuk menampung aspirasi, keluhan, serta laporan masyarakat, sekaligus menjamin transparansi dan akuntabilitas pelayanan. Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah menghadirkan aplikasi Tanggap Karawang (Tangkar) sebagai kanal digital resmi pengaduan masyarakat. Namun, hasil observasi menunjukkan masih terdapat kendala dalam interaksi pengguna, seperti alur pelaporan yang rumit, istilah yang kurang dipahami, serta ketidakjelasan status laporan, yang berdampak pada rendahnya kenyamanan dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) aplikasi Tangkar dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Tahapan meliputi empati terhadap konteks warga Karawang, perumusan masalah, ideasi solusi, pembuatan prototipe, dan pengujian kegunaan. Evaluasi dilakukan melalui dua metode, yaitu Single Ease Question (SEQ) dan System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan ulang antarmuka memperoleh skor 6,89 pada SEQ yang menandakan tingkat kemudahan tinggi, serta skor 86 pada SUS yang termasuk dalam kategori acceptable excellent. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam menghasilkan desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang sesuai kebutuhan, mudah digunakan, serta mampu meningkatkan kualitas interaksi pada layanan pengaduan publik Tangkar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...