JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Hubungan Peran Keluarga dengan Pencegahan Dekubitus Pada Pasien Stroke di Ruangan Stroke UPTD Khusus RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu Kota Bengkulu

Lestari, Meska Dwi (Unknown)
Rusiandy, Rusiandy (Unknown)
Siregar, Yuliza Andriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2025

Abstract

Salah satu komplikasl serius pada pasien stroke dengan imobilisasi, yang dapat dicegah melalui perawatan rutin oleh keluarga yaitu luka dekubitus. Namun, tidak semua keluarga memiliki pengetahuan dan keterampllan yang memadai dalam melakukan tindakan pencegahan. Masalah penelitian masah adanya pasien stroke yang mengalaml dekubltus. Tujuan penelltlan dlketahul ada hubungan antara peran keluarga dengan pencegahan dekubltus pada paslen stroke. Penelltlan lnl menggunakan desaln deskrlptlf analltlk dengan pendekatan cross-sectlonal, dllakukan pada 30 responden keluarga paslen stroke dl ruang stroke UPTD RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan kuesloner terstruktur tentang peran keluarga dan tlndakan pencegahan dekubltus, dlanallsls dengan ujl Chl-square. Hasll penelltlan menunjukkan bahwa darl 13 keluarga dengan peran kurang, sebaglan besar (76,9%) juga memlllkl tlndakan pencegahan dekubltus yang kurang balk, sedangkan darl 17 keluarga dengan peran balk, sebaglan besar (64,7%) melakukan pencegahan dengan balk. Ujl Chl-square dengan contlnulty correctlon menunjukkan nllal p = 0,038. Slmpulan penelltlan lnl adalah ada hubungan slgnlflkan antara peran keluarga dan pencegahan dekubltus pada paslen stroke. Dlsarankan agar rumah saklt menlngkatkan edukasl dan pelatlhan bagl keluarga paslen stroke guna mencegah luka tekan secara optlmal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...