Pendidikan berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. Namun, pembelajaran konvensional yang masih banyak diterapkan, seperti di SDN Bajang 1, membuat pemahaman siswa terhadap materi IPAS khususnya fotosintesis rendah. Hasil observasi menunjukkan 60% siswa kelas IV belum memahami konsep fotosintesis dengan baik dan nilai rata-rata masih di bawah KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan model waterfall. Aplikasi dilengkapi animasi, simulasi, dan kuis interaktif untuk membantu pemahaman siswa secara visual dan partisipatif. Uji kelayakan dilakukan melalui Black Box Testing, validasi ahli, dan User Acceptance Testing (UAT). Hasilnya, aplikasi dinyatakan berhasil secara fungsional (97,6%), memperoleh validasi ahli IT (89,3%), ahli materi (98%), serta respon positif siswa (93,1%). Hasil ini menandakan aplikasi siap digunakan dan dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman tentang materi fotosintesis.
Copyrights © 2025