Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memberikan pengaruh signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Generasi Z, yang lahir antara tahun 1995 hingga 2012, merupakan generasi digital native yang lebih menyukai lingkungan belajar yang interaktif, visual, dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran PAI yang terintegrasi dengan teknologi digital agar lebih efektif diterapkan pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) melalui kajian terhadap berbagai literatur, penelitian terdahulu, dan teori yang relevan dengan pendidikan Islam berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pembelajaran PAI—melalui media interaktif, platform pembelajaran daring, serta penguatan literasi digital religius—dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan partisipasi peserta didik. Guru berperan sebagai fasilitator digital sekaligus pembimbing spiritual yang mengarahkan penggunaan teknologi secara etis dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran berbasis digital merupakan kebutuhan mendesak dalam membentuk generasi muslim yang cerdas digital, berakhlak, dan beriman kuat.
Copyrights © 2025