SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025)

VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA AI DAN LIVEWORKSHEET BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI ASAM BASA UNTUK FASE F SMA

Putri, Nabila Kharisma (Unknown)
Azhar, Minda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Acid-base material often presents a cognitive challenge for students due to its abstract conceptual nature, necessitating innovative teaching materials capable of visualizing the material and enhancing active student engagement. In response to this challenge, this research focuses on the development of an interactive electronic worksheet (e-LKPD) integrating Canva AI and Liveworksheet technology, based on a structured inquiry learning model, specifically for Phase F high school students. This research aims to produce an electronic teaching material product with proven validity and practicality to address student learning difficulties. The methodology used is Educational Design Research (EDR), adopting the Plomp development model, which consists of initial investigation, prototype development, and final assessment. The validation process involved a team of experts consisting of lecturers and chemistry teachers, while field trials involved students to measure the level of applicability. Data findings indicate that this electronic worksheet has high validity, with an average Aiken's V index of 0.92. Furthermore, the practicality test yielded a score of 96% from teacher responses and 91% from student responses, indicating a very practical category. In conclusion, this interactive, structured inquiry-based e-LKPD has met the standards of feasibility, validity, and practicality, making it effective as a support for innovative chemistry learning in schools. ABSTRAKMateri asam basa seringkali menjadi tantangan kognitif bagi peserta didik dikarenakan karakteristik konsepnya yang abstrak, sehingga menuntut adanya inovasi bahan ajar yang mampu memvisualisasikan materi dan meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif. Merespons permasalahan tersebut, penelitian ini memfokuskan kegiatannya pada pengembangan E-LKPD interaktif yang mengintegrasikan teknologi Canva AI dan Liveworksheet dengan basis model pembelajaran inkuiri terstruktur, khusus untuk siswa SMA Fase F. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar elektronik yang teruji validitas dan praktikalitasnya guna mengatasi kesulitan belajar siswa. Metodologi yang diterapkan adalah Educational Design Research (EDR) dengan mengadopsi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahapan investigasi awal, pengembangan prototipe, hingga penilaian akhir. Proses validasi melibatkan tim ahli yang terdiri dari dosen dan guru kimia, sementara uji coba lapangan melibatkan peserta didik untuk mengukur tingkat keterterapan. Temuan data menunjukkan bahwa E-LKPD ini memiliki validitas tinggi dengan indeks Aiken’s V rata-rata 0,92. Lebih lanjut, uji kepraktisan menghasilkan skor 96% dari respon guru dan 91% dari respon peserta didik, yang mengindikasikan kategori sangat praktis. Kesimpulannya, E-LKPD interaktif berbasis inkuiri terstruktur yang dikembangkan ini telah memenuhi standar kelayakan, valid, dan praktis, sehingga efektif digunakan sebagai penunjang pembelajaran kimia yang inovatif di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...