Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi (September)

Analisis Sensitivitas Harga dan Loyalitas Konsumen terhadap Minyak Goreng Kemasan di Kota Serang (Studi Kasus pada Minyak Goreng Merek Filma, Sunco, dan Tropical)

Mulyati , Sri (Unknown)
Nurhidayat, Dimas (Unknown)
Setiawan, Johan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sensitivitas harga dan loyalitas konsumen terhadap minyak goreng kemasan merek Filma, Sunco, dan Tropical. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Metode analisis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 96 responden dengan kriteria ibu rumah tangga sebagai responden penelitian. Metode Huisman digunakan untuk menganalisis sensitivitas harga dan metode piramida loyalitas untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen minyak goreng kemasan merek Filma lebih sensitif terhadap perubahan harga daripada minyak goreng kemasan merek Sunco dan Topical; konsumen minyak goreng kemasan merek Filma memiliki tingkat loyalitas yang lebih rendah, sedangkan loyalitas pada minyak goreng kemasan merek Sunco dan Tropical sudah baik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMAE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope Accounting: Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System ...