Jurnal Inspiration
Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Inspiration Volume 7 Issue 2

Model Pembelajaran Blended Sebagai Alternatif Pengembangan Mata Kuliah Praktikum (Studi Kasus Praktikum Routing dan Switching)

Irmawati Irmawati (Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Mata kuliah praktikum yang dilaksanakan pada umumnya menggunakan model pembelajaran sinkron dengan tatap muka langsung pada laboratorium dengan sumber belajar yang disediakan.Pada praktikum Routing dan Switching, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia pada sistem e-learning, namun ini tidak memiliki alur pembelajaran yang dapat menuntun mahasiswa untuk mempelajari semua konten yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran blendedpada Praktikum Routing dan Switching dengan memanfaatkan modul lesson pada sistem e-learning. Metode yang digunakan menggunakan model prosedural dimulai dari mereview capaian pembelajaran mata kuliah, merancang pembelajaran blended dan alur pembelajaran pada sistem e-learning. Penelitian ini menghasilkan rancangan model pembelajaran blended dengan kombinasi pembelajaran asinkron dengan sinkron tatap muka 75% dan menghasilkan alur pembelajaran memanfaatkan modul lesson pada sistem e-learning.

Copyrights © 2017