Lembaga pendidikan tidak hanya dituntut unggul secara akademik, tetapi juga mampu mengelola kinerja sumber daya manusianya secara strategis. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan Balanced Scorecard dalam menilai kinerja karyawan di SMPS Kristen 1 Harapan Denpasar melalui empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan cukup baik namun perlu transparansi lebih lanjut; kepuasan siswa tinggi namun pengelolaan keluhan belum optimal; proses internal berjalan efektif meski inovasi masih terbatas; dan pengembangan SDM positif, meskipun dukungan karier perlu diperkuat. Studi ini menegaskan bahwa Balanced Scorecard dapat memberikan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja sekolah nirlaba. Meskipun terbatas pada satu institusi, pendekatan ini dapat dijadikan acuan untuk sekolah serupa dalam membangun sistem evaluasi yang akuntabel dan berorientasi pada kinerja
Copyrights © 2025