Kurikulum yang digunakan di Indonesia sekarang merupakan kurikulum merdeka dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pada kurikulum merdeka, pembelajaran berfokus pada peserta didik, sehingga pembelajaran yang dirancang harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode design research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil asesmen diagnostik dan asesmen formatif peserta didik. Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi, khususnya diferensiasi konten pada materi relasi dan fungsi sesuai dengan kemampuan matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran berdiferensiasi konten sangat efektif untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan persentase keefektifan klasikal adalah 84%.
Copyrights © 2025