Mandalika Mathematics and Educations Journal
Vol 7 No 4 (2025): Desember

Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Lopis, Elda (Unknown)
Frengki Y. Nenohaifeto (Unknown)
Damianus D. Samo (Unknown)
Irna K.S. Blegur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Kurikulum yang digunakan di Indonesia sekarang merupakan kurikulum merdeka dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pada kurikulum merdeka, pembelajaran berfokus pada peserta didik, sehingga pembelajaran yang dirancang harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode design research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil asesmen diagnostik dan asesmen formatif peserta didik. Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi, khususnya diferensiasi konten pada materi relasi dan fungsi sesuai dengan kemampuan matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran berdiferensiasi konten sangat efektif untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan persentase keefektifan klasikal adalah 84%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MANDALIKA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Mandalika Mathematics and Education Journal adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun kajian ...