El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 01 (2023): El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak

Pentingnya Penerapan Digital Parenting dalam Perkembangan Anak Usia Dini

Riam, Zaenal Abidin (Unknown)
Alam, Mufassirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Rentang umur anak usia dini merupakan periode emas dalam masa perkembangan anak, durasiwaktu tersebut semestinya digunakan secara efektif dan efisien oleh orang tua untuk memacukecerdasan anak. Kehadiran gadget berpotensi mendatangkan dampak negatif bagi anak usiadini, penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada anak usia dini menyebabkan anakmengalami ketergantungan terhadap gadget, situasi ini diperparah dengan kecenderunganorang tua yang menjadikan gadget sebagai alat untuk mendiamkan anak saat melakukanperilaku yang dianggap melahirkan kebisingan. Kehadiran digital parenting memiliki peranbesar dalam mengedukasi orang tua di satu sisi dan menghindarkan anak usia dini daripengaruh buruk gadget, pemahaman tentang digital parenting tergolong kebutuhan mendesakbagi orang tua yang hidup di era digital dimana persentuhan dengan gadget hampir mustahildihindarkan, digital parenting tidak memiliki misi mengisolasi penuh anak usia dini darigadget, sebaliknya digital parenting hanya berupaya memastikan bahwa gadget tidakmendatangkan dampak merusak bagi anak. Digital parenting memandu orang tua dalammenerapkan skema pembatasan penggunaan gadget pada anak usia dini. Usaha menerapkandigital parenting memiliki hambatan tertentu baik internal maupun eksternal, hambatantersebut bisa diatasi bila orang tua memiliki kesadaran utuh untuk menerapkan digitalparenting dalam pola asuh anak usia dini. Jika skema digital parenting diterapkan dengan baik,maka anak usia dini akan terhindar dari pengaruh buruk gadget serta mampu memanfaatkanperiode emas pertumbuhannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elathfal

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The focus of El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak publishes articles based on research from researchers, teachers, lecturers, students, and education observers. The articles published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, ...