Produk yang dihasilkan KWT Barokah masih diolah sangat sederhana, terutama dalam pengemasan produknya, kondisi ini dikarenakan minimnya pengetahuan KWT akan kelengkapan atribut kemasasn produk. Padahal peran kemasan sangat penting karena menciptakan kesan pertama bahkan sebelum produk dikonsumsi. Pada perkembangan kemasan berfungsi dari sebuah pelindung dari sebuah produk tapi lebih dari itu. Desain kemasan justru menguatkan persepsi sebuah kualitas produk. Tampilan dan estetika kemasan sangat penting dalam membangun brand sebuah produk. Kemasan produk pada KWT Barokah, hanya menggunakan plastik kemasan biasa tanpa atribut kemasan yang lengkap, terlihat tidak menarik sehingga tidak marketable. Ketika ada pesanan dalam jumlah banyak, maka kemasan sekunder yang digunakan adalah plastik besar polos saja, sehingga tidak mencirikan kekhasan dan identitas produk KWT Barokah. Kondisi ini menjadi kendala bagi KWT untuk memasuki pasar baru. Metode pelaksanaan ditempuh dengan dua kegiatan yaitu persiapan dan pelatihan. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Wanita Tani dalam melakukan pengemasan produk yang menarik dan penerapan digital marketing pada produk yang dihasilkan guna meningkatkan penjualan produk atau memenangkan persaingan dalam pemasaran produk pangan olahan. Hasil dari pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anggota KWT Barokah dalam melakukan pengemasan produk yang menarik dan penerapan digital marketing untuk perluasan penjualan produk yang dihasilkan.
Copyrights © 2025