Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media permainan interaktif berbasis digital Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN Karangduak 1. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang masih didominasi metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) menggunakan model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan Independent Sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media permainan interaktif seperti Kahoot terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif, serta meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa selama pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2025