JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 13, No 2 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan

PENGARUH MEDIA PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL (KAHOOT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGDUAK 1

Alviansyah, David (Unknown)
Nailah, Faiqatun (Unknown)
Azizah, Nur (Unknown)
Akbar, Faishal (Unknown)
Hardiansyah, FramzHardiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media permainan interaktif berbasis digital Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN Karangduak 1. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang masih didominasi metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) menggunakan model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dan Independent Sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media permainan interaktif seperti Kahoot terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif, serta meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...