BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

ANALISIS VALIDITAS E-LKPD FISIKA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL EGRANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Villayah, Syarofatil (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi penting abad 21 yang perlu dilatihkan dalam pembelajaran fisika. Namun, pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurang kontekstual masih menjadi kendala dalam pengembangan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas E-LKPD terintegrasi kearifan lokal permainan egrang sebagai perangkat pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Pengembangan E-LKPD dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) dengan divalidasi oleh tiga validator yang mencakup aspek kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan isi. Data hasil validasi dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD memperoleh skor rata-rata validitas sebesar 95,60%, dengan rincian kelayakan bahasa 95,00%, penyajian 96,43%, dan isi 95,37%. Temuan ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sangat valid digunakan sebagai perangkat pembelajaran kontekstual yang mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...