Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan implementasi diagram berpikir multidimensi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMAN 7 Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan, perhitungan N-gain dan uji Mann-Whitney U. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran dengan diagram berpikir multidimensi dan CRT berjalan sangat baik, menghasilkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi sains peserta didik, serta mendapat respon yang sangat positif. Dengan demikian, implementasi diagram berpikir multidimensi dengan pendekatan CRT pada pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik SMA.
Copyrights © 2025