BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TORRICELLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Suryanti, Nadya Kusuma (Unknown)
Sucahyo, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Alat peraga merupakan alat bantu yang dirancang untuk mempermudah pemahaman konsep abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih dianggap sulit karena metode konvensional dan keterbatasan alat peraga, terutama pada materi fluida. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan alat peraga interaktif seperti Torricelli untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kevalidan alat peraga Torricelli yang telah dikembangkan sebagai cara meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Pada persentase kevalidan alat peraga didapatkan hasil sebesar 98,3% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga Torricelli yang telah dikembangkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida dinamis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...