BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

PEMBELAJARAN BERBASIS IOT: MEMBANGUN KETERAMPILAN KREDIBILITAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Agni, Kaisa Yusri (Unknown)
Hizqiyah, Ida Yayu Nurul (Unknown)
Toharudin, Uus (Unknown)
Ahmad, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan kredibilitas dalam menilai dan mengidentifikasi sumber informasi digital menggunakan IoT pada pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan yakni pre-eksperimen tipe one-group pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari jumlah total peserta didik 33, sebanyak 21 peserta didik mengalami peningkatan keterampilan, dan 4 memperoleh hasil yang sama. Sedangkan hanya 6 orang yang mengalami penurunan penilaian keterampilan. Hal ini menunjukkan manfaat dari pembelajaran biologi berbasis IoT yang dapat diterapkan salah stunya pada aplikasi Blynk IoT. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara menggunakan kueisioner.Setiap aspek penilaian terdapat korelasi menggunakan spearmans dengan nilai pretest terhadap nilai keterampilan kredibilitas sebesarĀ  0,727 > 0,05 dan nilai posttest terhadap nilai keterampilan kredibilitas sebesar, 0.606 > 0. 05. Serta hasil keterampilan terhadap materi ekosistem mengalami perubahan yang signifikan dari 76,8% menjadi 78,8%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...