BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGARUH MODIFIED FREE INQUIRY PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH

Imamah, Nanda Sofa (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyusun argumentasi ilmiah menunjukkan diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih mendorong pemikiran kritis dan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Modified Free Inquiry (MFI) pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah pada materi Hukum Gas Ideal. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif desain true-experimental pretest-posttest control group dengan tambahan satu kelas replikasi. Sampel penelitian terdiri atas 101 peserta didik semester genap tahun ajaran 2024/2025 di salah satu SMA Negeri Surabaya dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji-t berpasangan menginterpretasikan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest-posttest; (2) Skor N-gain menginterpretasikan kelompok eksperimen dan replikasi memperoleh kategori sedang pada semua komponen argumentasi ilmiah; serta (3) Uji Post-Hoc dalam ANOVA menginterpretasikan kelompok kontrol memiliki perbedaan skor N-gain yang signifikan dengan kelompok eksperimen dan replikasi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model MFI dengan pendekatan SWH dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...