Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Pemanfaatan Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah: Studi Deskriptif Kualitatif

Mutmainna, Mutmainna (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Durrotunnisa, Durrotunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam menanamkan nilai moral dan agama, salah satunya dengan mengenalkan huruf hijaiyah sebagai langkah awal dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Papan Edukatif Main Anak (Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam pembelajaran huruf hijaiyah, serta menelaah faktor pendukung, hambatan yang muncul, dan solusi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan, memungkinkan anak mengenali dan melafalkan huruf hijaiyah melalui pendekatan bermain. Hambatan yang muncul terkait dengan daya ingat anak dan kesesuaian media dengan jumlah anak, namun dapat diatasi melalui pendekatan individual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran interaktif dan menyenangkan dalam pendidikan Islam anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...