Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam menanamkan nilai moral dan agama, salah satunya dengan mengenalkan huruf hijaiyah sebagai langkah awal dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Papan Edukatif Main Anak (Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam pembelajaran huruf hijaiyah, serta menelaah faktor pendukung, hambatan yang muncul, dan solusi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan, memungkinkan anak mengenali dan melafalkan huruf hijaiyah melalui pendekatan bermain. Hambatan yang muncul terkait dengan daya ingat anak dan kesesuaian media dengan jumlah anak, namun dapat diatasi melalui pendekatan individual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran interaktif dan menyenangkan dalam pendidikan Islam anak usia dini.
Copyrights © 2025