Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Penguatan Literasi Membaca melalui Program Simba Berbasis Penjaring

Widianti, Nurhannah (Unknown)
Muzaki, Muzaki (Unknown)
Na’imah, Istiqomatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji implementasi dan dampak literasi membaca melalui program Simba berbasis platform Penjaring pada siswa SD N Kartini 1 Kota Cirebon. Menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengungkap fenomena lapangan secara mendetail. Intrumen penelitian, yaitu peneliti sendiri. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kartini 1, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon mulai dari tanggal 6, 7, hingga 13 Mei 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ditempuh melalui tahapan pengumpulan data lapangan dan tinjauan pustaka, verifikasi data melalui klarifikasi berdasarkan kategori tertentu, interpretasi data, kemudian penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi membaca melalui program Simba berbasis platform Penjaring di sekolah idealnya tidak terbatas pada pembiasaan membaca 15 menit tiap pekan, tetapi juga terintegrasi dalam P5 dan pelajaran yang relevan. Dampak dari program Simba berbasis platform Penjaring ketika difungsikan secara optimal mampu meningkatan minat literasi membaca, menumbuhkan kesadaran moralitas, dan mendorong dukungan untuk kebijakan pembiasaan literasi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...