Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi
Vol 13, No 2 (2025): Promosi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Astra motor Center Semarang)

Wulandari, Dina Ayuning (Unknown)
Hayuningtias, Kristina Anindita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai adanya dua faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan di Dealer Astra Motor Center Semarang, dua faktor tersebut terdiri atas kualitas pelayanan dan kualitas produk. Penulis memilih pelanggan Dealer Astra Motor semarang sebagai objek dalam penelitian ini, dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner yang telah diisi oleh 100 pelanggan sebagai responden dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai pendekatan. di mana sampel dipilih berdasarkan pengalaman mereka mengunjungi dealer tersebut. Hasil olah data dari penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 dalam pengujian Uji Instrumen, Analisis Linier Berganda, Koefisien Korelasi (R), Koefisien Determinari (R2), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Parsial (Uji t). Hasil dari penelitian penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Dealer Astra Motor Center Semarang. Kualitas produk juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Dealer Astra Motor Center Semarang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk terbukti menentukan kepuasan pelanggan di Dealer Astra Motor Center Semarang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, e-ISSN: 2442-9449, p-ISSN: 2337-4721, is the Journal of Economic Education University of Muhammadiyah Metro published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, in particular ...