Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kinerja Humas Pemerintah Kota Palembang dalam mempromosikan potensi ekonomi daerah melalui kegiatan Palembang Expo 2024. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis sejauh mana strategi dan peran kehumasan yang dijalankan mampu mendukung penyebaran informasi serta meningkatkan daya tarik kegiatan promosi tersebut kepada masyarakat dan pelaku usaha. Palembang Expo 2024 diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Palembang sebagai wadah promosi produk-produk unggulan daerah, khususnya yang dihasilkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat citra Kota Palembang sebagai pusat perdagangan, ekonomi kreatif, dan tujuan investasi yang potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tujuan memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan narasumber terkait, termasuk pejabat Humas dan pihak Dinas Koperasi dan UKM, serta pelaku UMKM yang terlibat dalam Palembang Expo 2024. Selain itu, data juga diperoleh melalui observasi langsung selama pelaksanaan kegiatan dan studi dokumentasi terhadap arsip, laporan, serta materi publikasi yang digunakan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menilai efektivitas kinerja Humas dalam mendukung promosi potensi ekonomi Kota Palembang secara komprehensif dan berkelanjutan
Copyrights © 2026