Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 11 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Perspektif Kewenangan Distrik di Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya

Liauw, Gasper (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif kewenangan Distrik,   mendeskripsikan  aktualita penyelenggaraan pemerintahan  dan   merekomendasikan kebijakan yang relevan untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang bermartabat di tingkat Distrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis normatif-empiris.  Hasil penelitian adalah Distrik di Kota Sorong memiliki landasan regulasi Undang-undang, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah,  namun pelimpahan kewenangan dari Wali Kota ke Kepala Distrik dalam bentuk Peraturan Walikota  belum diterbitkan. Akibatnya, tugas dan  fungsi yang lebih efisien dan efektif dijalankan di distrik masih terpusat di Dinas/Badan di pemerintah  kota. Distrik  lebih  dominan  berfungsi sebagai unit koordinatif,  administratif  dan fasilitatif terbatas. Distrik di Kota Sorong memiliki peran administratif, politis, dan sosial. Namun, keterbatasan kewenangan dan kapasitas aparatur masih menghambat optimalisasi peran multidimensi ini. Rekomendasi kebijakan, mengacu pada prinsip desentralisasi fungsional, governance partisipatif, serta adaptasi terhadap konteks lokal Papua Barat Daya, yakni : Penerbitan Peraturan Wali Kota; Penguatan Kapasitas Aparatur Distrik;Penerapan Mekanisme Layanan Publik Partisipatif; Peningkatan Infrastruktur dan Teknologi  terutama yang berada di daerah pinggiran dan wilayah Sorong Kepulauan;  Penguatan Koordinasi Antar-Level Pemerintahan,  untuk menghindari duplikasi layanan dan memastikan prioritas pembangunan distrik selaras dengan kebijakan kota Sorong  dan Provinsi Papua Barat Daya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...