Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 11 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Karakteristik Remaja yang Terindikasi Adiksi Pornografi

Zendrato, Chris Desman King Noel (Unknown)
Charolina S, Wanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Perkembangan energi terbarukan khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi fokus utama dalam transisi energi Indonesia. Namun, pertumbuhan kapasitas terpasang PLTS yang fluktuatif memerlukan analisis proyeksi yang akurat untuk mendukung perencanaan kebijakan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah baseline proyeksi yang valid secara statistik untuk pertumbuhan kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia, berdasarkan data historis periode 2014-2024. Untuk mencapai tujuan tersebut, diterapkan sebuah studi perbandingan model deret waktu. Tiga kandidat pemodelan Double Exponential Smoothing (DES), ETS, dan ARIMA diseleksi. Hasil dari proses seleksi model yang didasarkan pada algoritma optimisasi dan validasi out-of-sample, mengidentifikasi Metode DES sebagai representasi yang paling akurat dan robust, dengan nilai MAPE sebesar 14,95% pada data uji. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode DES dengan parameter alpha 0.3808 dan beta 1 terbukti paling optimal dalam memproyeksikan pertumbuhan kapasitas PLTS, menunjukkan tren pertumbuhan linier yang stabil dengan tingkat akurasi yang tinggi. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah kuantifikasi terhadap karakteristik tren pertumbuhan tersebut dan implikasinya terhadap reliabilitas peramalan jangka menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...