Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 11 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Perbandingan Profil Lipid pada Pasien ACS

Febrina, Putri Adila (Unknown)
Tania, Stefani (Unknown)
Muchtar, Muhamad Arafath (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Acute Coronary Syndrome (ACS) merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas kardiovaskular di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Profil lipid memainkan peran kunci dalam patogenesis aterosklerosis yang mendasari ACS, namun perbandingannya antara tipe STEMI dan NSTEMI masih perlu dikaji lebih lanjut, khususnya dalam populasi tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan profil lipid pada pasien Acute Coronary Syndrome (ACS) tipe STEMI dan NSTEMI di RS Royal Prima Medan. Penelitian menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional dan total sampling pada 37 pasien ACS usia 50–69 tahun yang memiliki data profil lipid lengkap. Data sekunder diperoleh dari rekam medis meliputi kadar kolesterol total, HDL, LDL, dan trigliserida. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu, kemudian analisis bivariat memakai uji Mann-Whitney dengan batas signifikansi p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna kadar kolesterol total (p=0,889) dan LDL (p=0,464) antara kelompok STEMI dan NSTEMI. Sebaliknya, terdapat perbedaan bermakna pada kadar HDL (p=0,000) dan trigliserida (p=0,015). Temuan ini mengindikasikan bahwa HDL dan trigliserida lebih sensitif sebagai parameter pembeda profil lipid pada pasien ACS dibandingkan kolesterol total dan LDL, sehingga berpotensi dimanfaatkan dalam penilaian risiko dan pertimbangan tatalaksana klinis pasien ACS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...