Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Transparansi program Teaching Factory di SMK Negeri 3 Bogor. Program Teaching Factory (TeFa) merupakan salah satu inisiatif strategis dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia yang bertujuan untuk menjembatani dunia pendidikan dan industry. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Responden penelitian terdiri dari 90 peserta didik dan 13 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah formula Weight Mean Score. Teori yang digunakan yakni teori Lukman Yudho Prakoso yang memiliki 5 dimensi dalam mengukur implementasi yaitu (1) Integratif (2) Interaktif (3) Transparansi (4) Kontrol dan (5) Akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transparansi Program Teaching Factory di SMK Negeri 3 memiliki komitmen yang kuat dalam membangun transparansi melalui program Teaching Factory, komitmen ini menjadi pondasi penting dalam mewujudkan lingkungan pendidikan vokasi yang profesional, partisipatif, dan selaras dengan kebutuhan dunia industri.
Copyrights © 2025