Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen Indeks Efektivitas Tujuh Standar Pendidikan Akademi Kepolisian (IEPA), yang digunakan untuk mengukur efektivitas implementasi tujuh standar pendidikan di Akademi Kepolisian. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi 49 item pertanyaan, yang diisi oleh dosen dan instruktur yang terlibat langsung dalam proses pendidikan di AKPOL. Uji validitas dilakukan dengan analisis faktor eksploratori untuk memastikan bahwa setiap item pada instrumen dapat mengukur aspek yang dimaksudkan, sementara uji reliabilitas diukur menggunakan Cronbach’s Alpha untuk menguji konsistensi internal instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas konstruk dengan nilai sudah lebih dari 0,3 pada tiap item yang baik, dan nilai Cronbach’s Alpha di atas 0,7, yang mengindikasikan bahwa instrumen ini reliabel untuk digunakan dalam menilai efektivitas tujuh standar pendidikan di Akademi Kepolisian. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan instrumen evaluasi pendidikan di lembaga kepolisian, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di AKPOL.
Copyrights © 2025