Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 3 No. 3 (2025): In Process

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Swasta Primbana Medan

Nurmala Sari, Alvionita (Unknown)
Jamila, Jamila (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretestposttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan yang berjumlah 34 orang, sedangkan untuk menentukan sample penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni 10 siswa kelas XI-2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang berjumlah 21 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis CBT, tingkat prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 85,20 dan standar deviasi 3,05. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata skor menurun menjadi 42,50 dengan standar deviasi 11,64 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai t hitung = 11,597 dengan derajat kebebasan (df) = 9 dan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,001. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest tingkat prokrastinasi akademik siswa. Penurunan ini menunjukkan adanya perubahan positif setelah siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok berbasis CBT.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...