Pendampingan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan pada kualitas bacaan Al-Qur’an anak dengan cara memberikan pendampingan yang menyenangkan agar anak-anak lebih semangat, lebih tertarik dan tetap bersemangat selama mengikuti kegiatan belajar. Pendidikan Al-Qur’an memiliki peranan yang amat penting dalam membentuk karakter, akhlak, dan spiritualitas anak, sehingga pendidikan Al-Qur’an memiliki peran yang sangatlah penting untuk diberikan kepada anak sejak anak masih berusia dini. Kegiatan pendampingan ini berfokus pada belajar membaca Al-Qur’an berbasis metode kibar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kemahiran anak dalam membaca Al-Qur’an. Metode Kibar dikembangkan sebagai bentuk penyempurnaan dari metode Iqra’ yang disajikan dalam bentuk yang lebih ringkas, sederhana, dan menyenangkan yang terdiri dari empat jilid yaitu Pra Kibar, Kibar A, Kibar B, dan Kibar C. Dalam pelaksanaan pendampingan ini digunakan metode Service Learning, yang terdiri atas tiga komponen utama, yakni tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan refleksi hasil. Hasil pendampingan melihatkan terdapat peningkatan dalam kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an baik dari aspek pengenalan huruf, kelancaran dalam membaca, dan pemahaman tajwid dasar. Selain itu, melalui metode kibar ini anak juga mampu membaca Al-Qur’an lebih cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Dengan demikian, metode kibar terbukti sangatlah efektif dalam salah satu pendekatan yang dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an.
Copyrights © 2025