Indonesian Community Journal
Vol 5 No 4 (2025): I-Com: Indonesian Community Journal (Desember 2025)

Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Class Canva Sebagai Pelatihan Inovatif Kelas Interaktif di SD Palongki Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone

Adiansyah, Romi (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Afdalyah, Afdalyah (Unknown)
Putri, Sri Muliani (Unknown)
Parasepty, Armila (Unknown)
Amin, Astuti Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2025

Abstract

Kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan teknologi dan media pembelajaran di SD Negeri 61 dan SD Inpres 12/79 Palongki menjadi alasan utama dilaksanakannya pada kegiatan ini. Mahasiswa KKN memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Class Canva kepada 11 guru sebagai upaya meningkatkan kemampuan dalam merancang media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi presentasi, diskusi, dokumentasi, dan praktik langsung. Guru menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dakam memanfaatkan Canva sebagai alat bantu ajar. Kegiatan ini tidak hanya berdampak positif pada kreativitas guru, tetapi juga mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran. Maka dalam pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan profesionalisme guru serta menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...