Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Subordinasi Anak Perempuan Dalam Keluarga

Muhammad Nawir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Risfaisal Risfaisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Setiap keluarga yang terdapat dalam masyarakat memiliki peran dan status yang berbeda antara satu dengan yang lain baik peran ayah, ibu dan anak. Namun biasa terjadi subordinasi antar jenis kelamin dalam keluarga antara anak laki-laki dengan anak perempuan.. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki oleh pemerintah setempat. Dalam penelitian ini, yang menjadi sasaran penelitian adalah pertama anak perempuan yang mengalami subordinasi, kedua masyarakat yang dianggap bisa memberikan informasi atau data yang sesuai dengan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,  perempuan yang mengalami subordinasi dalam keluarga disebabkan oleh  dua faktor yaitu faktor kodrat (nuture) yang merupakan perbedaan laki-laki dan perempuan yang  ketentuan dari tuhan dan faktor budaya atau konstruksi sosial (nurture) merupakan perbedaan laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh masyarakat dan lingkungan sekitar. Yang merupakan dampak negatif subordinasi perempuan yaitu  membatasi perempuan untuk mendapatkan akses dalam berkiprah di dunia publik sedangkan dampak positifnya yaitu memberikan semangat bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan hak dan posisi yang sama seperti kaum laki-laki. Kata Kunci : Ketidakadilan, Subordinasi, Anak Perempuan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...