Penelitian ini bertujuan menganalisis proses penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam pembelajaran matematika serta keterkaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Imelda. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelaksanaan pembelajaran PBL pada siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mulai menerapkan unsur-unsur utama PBL, seperti penyajian masalah kontekstual, kerja kelompok, dan aktivitas penyelidikan, dengan ceramah sebagai metode pendukung. Penerapan PBL memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, yang terlihat dari peningkatan kemampuan memahami masalah, merancang strategi, dan menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian. Data kuantitatif berupa perbandingan hasil pretest dan posttest hanya digunakan sebagai pendukung temuan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025