Jurnal Literasiologi
Vol 14 No 3 (2025): Jurnal Literasiologi

Pengaruh Motivasi Belajar, Dukungan Orang Tua, Dan Intensitas Penggunaan Media Digital Islami Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Program Intervensi

Sundari, Jerri (Unknown)
Utami, Feni Karya (Unknown)
Marhamah, Revan (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Sholihin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, dukungan orang tua, dan intensitas penggunaan media digital Islami terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), serta menguji efektivitas program intervensi yang diberikan kepada siswa. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya motivasi belajar, kurangnya dukungan keluarga, dan penggunaan media digital yang tidak terarah pada konten Islami edukatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap hasil belajar. Selain itu, digunakan uji beda (independent samples t-test) untuk membandingkan hasil post-test kelompok intervensi dan kontrol, serta paired samples t-test untuk mengukur peningkatan dalam kelompok intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap hasil belajar PAI. Uji asumsi klasik memastikan model regresi memenuhi syarat normalitas, multikolinearitas, dan homoskedastisitas. Uji beda memperlihatkan bahwa kelompok intervensi memperoleh skor post-test lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (p < 0.05). Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dari pre-test ke post-test dalam kelompok intervensi, dengan rata-rata kenaikan 10.81 poin. Temuan ini menunjukkan bahwa program intervensi berbasis media digital Islami dan penguatan motivasi belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru, orang tua, dan lembaga pendidikan dalam mengoptimalkan strategi pembelajaran PAI pada era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...