Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada PT. Astrea Motor Cabang Banjar yang dapat dilihat dari masih ada konsumen yang mengeluh mengenai kualitas produk tersebut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya citra perusahaan dan kualitas pelayanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Seberapa besar pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 2) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 3) Seberapa besar pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar; 2) Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar; 3) Besarnya pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah PT. Astra Motor Cabang Banjar pada bulan Agustus–Desember 2020 yaitu sebanyak 362 orang. Ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Citra perusahaan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika citra perusahaan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 36,24%, 2) Kualitas pelayanan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika kualitas pelayanan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 57,91%, 3) Kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar selama ini adalah sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Artinya jika citra perusahaan dan kualitas pelayanan meningkat maka kepuasan konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 60,59%.
Copyrights © 2022