Peduli sosial merupakan karakter yang diaman muncul perasaan peduli dengan situasi dan kondisi disekitarnya, membantu orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. Salah satu cara untuk membentuk karakter peduli sosial dalam pemÂÂbeÂlajaran matematika adalah melalui pendekatan CTL. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakter peduli sosial siswa, hasil belajar siswa, dan hubungan anÂtara karakter peduli sosial dengan hasil belajar siswa melalui pendekatan CTL pada pemÂbelajaran matematika di kelas VII SMPN 31 Banjarmasin. Adapun peneliÂtian ini dilakukan dengan metode quasi experiment. Desain dalam penelitian ini adaÂlah Jenis Equivalen Time Series. seluruh siswa kelas VII SMPN 31 Banjarmasin meruÂpaÂkan poÂpuÂlasinya. Teknik purposive random sampling merupakan teknik pengamÂbilan samÂpelÂnya. Sampel yang didapat adalah seluruh siswa kelas VII-A SMPN 31 BanjarÂmaÂsin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini  yakni tes serta observasi. Teknik anaÂliÂsis data penelitian ini adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial. Pada peÂneÂlitian ini menunjukkan hasil  bahwa karakter peduli sosial sisÂwa melalui pendeÂkaÂtan CTL pada kategori mulai berkembang. Hasil belajar siswa melalui pendekatan CTL berada pada trend penurunan rata-rata. Serta terdapat hubuÂngan antara karakÂter peduli sosial siswa dengan hasil belajar melalui pendeÂkatan CTL.Kata kunci: karakter peduli sosial, pendekatan CTL, dan hasil belajar.
Copyrights © 2017