Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 10, No 3 (2015)

PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN FUZZY TAHANI BERDASARKAN KUISIONER EVALUASI BELAJAR MENGAJAR

Maulana, Aldi (Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Via, Yisti Vita (Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Purba, Lasman P (Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Abstrak. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat cepat, sehingga dapat membantu proses kerja manusia untuk menentukan keputusan dalam beraktifitas, baik dalam bidang industri, bisnis, jasa, maupun organisasi kemasyarakatan. Sehingga diperlukan penilaian kinerja terhadap manusia yang ada didalamnya seperti pegawai atau karyawan yang bekerja. Penilaian prestasi kerja sangat penting untuk menunjang kualitas dalam dunia pendidikan, penilaian terhadap prestasi kerja dapat menunjang tujuan suatu organisasi seperti di dunia pendidikan. Oleh karena itu diperlukan penilaian prestasi yang tepat dan konsisten. Dengan menggunakan Fuzzy Tahani, 40 data yang dihitung menggunakan derajat keanggotaan disimpan lalu dilakukan analisa berdasarkan data yang dianalisa. Maka diketahui dosen yang terbaik berdasarkan proses analisa Fuzzy Tahani. Dengan adanya sistem pendukung keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Fuzzy Tahani Berdasarkan Kuisioner Evaluasi Belajar Mengajar dapat memberi solusi dalam mengambil keputusan untuk menilai kinerja dosen dengan cara yang lebih efisien dibandingkan dengan pemrosesan  secara manual. Dari perhitungan akurasi yang berjumlah 40 data, akurasi tertinggi pada 3 variabel “AND” sebesar 67.5%, sedangkan untuk akurasi terendah yaitu 4 variabel “OR” sebesar 50%.   Kata Kunci: Fuzzy Tahani, Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Kinerja

Copyrights © 2015