Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 12, No 3 (2017)

ANALISA PENENTUAN KONTROL UNTUK MOBILE GAME DENGAN GENRE RACING

Revindasari, Fony (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111, (031) 5994251)
Herumurti, Darlis (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111, (031) 5994251)
Kuswardayan, Imam (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111, (031))



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Abstrak. Kontrol menjadi salah satu kunci apakah pemain terus bermain atau hanya untuk menghilangkan rasa penasaran pada permainan. Penentuan kontrol akan mempengaruhi tingkat kesenangan pemain terhadap permainan dan lama bermain. Genre permainan akan mempengaruhi kontrol yang dipakai. Genre permainan yang digunakan adalah racing game. Kontroler yang dipakai didalam permainan tersebut adalah tap using two hand, tap using one hand, hold and drag, accelerometer dan menggunakan device tambahan yaitu Joystick dan VR controller. Pengujian permainan memiliki kriteria yang harus dipenuhi yaitu enjoyment dan  play time. Enjoyment mengukur tingkat kesenangan pemain terhadap kontroler. Play time mengukur seberapa lama pemain memenangkan atau mencapai target tertentu di dalam permainan. Analisa pengujian menggunakan metode anova untuk menganalisa apakah ada perbedaan tingkat kesenangan berdasarkan kontroler. Dari hasil analisa perhitungan membuktikan bahwa ada perbedaan tingkat kesenganan berdasarkan kontroler.   Kata Kunci: Kontrol permainan, racing game, tingkat kesenangan pemain, anova

Copyrights © 2017