Tata Arta
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA AKUNTANOPOLI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Hidayah, Muflicha Maulidina (Unknown)
Santoso, Sigit (Unknown)
Octoria, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2016

Abstract

ABSTACTThis Classroom Action Research aims to increase motivation and student learning outcome class XI IPS 1 Aurora Senior High School* on accounting subject through the application Teams Games Tournament method (TGT) with Akuntanopoli games media (Accounting-Monopoly) 2016. This Classroom Action Research  was carried out in 2 cycles, The subject of this research was student class XI IPS 1 Aurora Senior High School  that consist of 37 students. The object of this research was TGT method with akuntanopoli games media, learning motivation, and learning outcome. Technique of collecting data used in this research were questionnaire, observation, test, and documentation. This research uses content validity for trial instrument and triangulation technique for data validity. Technique of analyzing data used in this research were descriptive qualitative and quantitative. The result of research shows the application Teams Games Tournament method  with Akuntanopoli games media can increase motivation and learning outcome on accounting subject. In pre action, Percentage indicator performance of learning motivation from questionnaire result becomes 62,89% in cycle I and 82,48% in cycle II. The average of learning motivation score from student observation result becomes 64,42% in cycle I and 86,04% in cycle II. The amount of student that fulfill completeness criteria that already been decided becomes 24 students (64,86%) and 33 students (89,19%) in cycle II. The conclusion of this research is the application Teams Games Tournament method with Akuntanopoli games media can increase motivation and student learning outcome on accounting subject in student class XI IPS 1 Aurora Senior High School.Keyword: Learning motivation, learning outcome, Teams Games Tournament Method, Akuntanopoli Games Media, accounting subjectABSTRAKPenelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Aurora* pada mata pelajaran akuntansi melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) berbantu media permainan Akuntanopoli (Akuntansi-Monopoli) tahun 2016. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Aurora yang berjumlah 37 siswa.  Objek penelitian ini adalah metode TGT berbantu media akuntanopoli, motivasi belajar, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi untuk pengujian instrumen dan teknik triangulasi untuk validitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Teams Games Tournament berbantu media permainan akuntanopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Persentase capaian indikator motivasi belajar dari hasil angket menjadi 62,89% pada siklus I dan 82,48% pada siklus II. Rata-rata nilai motivasi belajar dari hasil observasi siswa menjadi 64,42% pada siklus I dan 86,04% pada siklus II. Jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan menjadi 24 siswa (64,86%) dan 33 siswa (89,19%) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Teams Games Tournament berbantu media permainan akuntanopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Aurora*.Kata kunci: Motivasi belajar, hasil belajar, metode Teams Games Tournament, media permainan Akuntanopoli, pembelajaran akuntansi*) SMA Aurora merupakan nama samaran

Copyrights © 2016