Auladuna
Vol 3 No 1 (2016): June

PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD

Hasrawati Hasrawati (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini ber­tujuan untuk mengetahui bagaimana perangkat pem­be­la­jar­an tematik guru, mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik guru, mengetahui hambatan-hambatan apa yang ditemui guru dalam pembela­jar­an tematik dan bagaimana cara mengatasinya di SD Negeri 252 Sapiri Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah pene­litian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan daftar cheklist. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pe­narikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perangkat pemebelajaran tematik guru diperlukan penguasaan materi dan persiapan dalam penyajiannya di kelas yaitu mem­­persiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa, media pembelajaran, dan tes hasil belajar. Mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang diajarkan, me­­­ngatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan, serta me­ngadakan evaluasi sebagai penilaian akhir dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2016