Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bauran ritel di supermarket dan hypermarket. Penelitian ini terdiri atas 6 variabel laten (X) yaitu variabel Lokasi (X1) dengan 6 peubah indikator, variabel Barang (X2) dengan 4 peubah indikator, variabel Harga (X3) dengan 3 peubah indikator, variabel Promosi (X4) dengan 3 peubah indikator, variabel Karyawan (X5) dengan 3 peubah indikator, dan variabel Kebijakan (X6) dengan 4 peubah indikator. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis faktor konfirmatori menggunakan perangkat lunak AMOS 21.0 for Windows. Hasil penelitan menjelaskan bahwa Peubah laten Lokasi (X1) dapat diukur oleh peubah indikator Ruangan toko yang luas (X1c) dan Lorong berbelanja yang tidak sempit (X1d). Peubah laten Barang (X2) dapat diiukur oleh peubah indikator Barang yang dijual lengkap (dalam) (X2a), Barang yang dijual beragam (luas) (X2b), dan Barang yang dijual “up to date” (X2d). Peubah laten Harga (X3) dapat diukur oleh peubah indicator Harga yang ditetapkan terjangkau (X3a) dan Harga yang ditetapkan lebih murah dibanding pesaing (X3b). Peubah laten Promosi (X4) dapat diukur oleh peubah indicator Penyampain iklan melalui media yang tepat (X4a), Iklan lebih menarik dibanding pesaing (X4b), dan Frekuensi iklan sering (X4c). Peubah laten Karyawan (X5) dapat diukur oleh peubah indicator Karyawan berpenampilan rapi (X5a), Karyawan bersikap sopan dan ramah (X5b), dan Karyawan cekatan dan sigap untuk membantu (X5c). Peubah laten Kebijakan (X6) dapat diukur oleh peubah indicator Memiliki fasilitas pembayaran yang beraneka ragam (tunai dan kartu plastik) (X6a) dan Memiliki fasilitas kartu pelanggan yang menarik (X6b).
Copyrights © 2015