Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 1, No 2 (2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII (Studi di SMP Islam Terpadu Al-Izzah Kota Serang)

Anis Fauzi (Unknown)
Wiwin Nurhanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatankreativitas mengajar guru dalam mengelola proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam diSMP, sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Guru disekolah-sekolah padaumumnya menempatkan siswa-siswanya sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerimainformasi secara pasif, dan siswa lebih banyak belajar secara individual dengan menerima, mencatat,dan menghafal materi pelajaran saja, dan belum menempatkan siswa sebagai subjek belajar.faktor strategi pembelajaran dalam menyajikan materi pelajaran yang kurang menarik patut dicatatsebagai salah satu faktor penyebab rendahnya minat mengikuti pelajaran dan prestasi belajar.Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasilbelajar PAI, bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI, dan bagaimanapengaruh Contextual Teaching and Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswakelas VIII SMP IT Al-Izzah Kota Serang?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajarPAI, dan pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap hasilbelajar PAI siswa kelas VIII SMP IT Al-Izzah Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknikobservasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi data.Berdasarkan hasil analisis varians dan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 21.82 lebihbesar dari F tabel = 3,99 pada tara signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkanH1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadapprestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.Kata kunci: CTL, Motivasi belajar, PAI.

Copyrights © 2015